Tags

, , , , ,

DIY Standart OTG USB cable

DIY Standart OTG USB cable

Mungkin bagi temen2 sudah tidak asing lagi dengan apa yg disebut dengan kabel OTG (On-The-Go) USB! Yah sekarang hampir semua perangkat smartphone dan tablet Android sudah mendukung OTG USB ini. Dengan menggunakan kabel OTG USB ini kita bisa membaca beberpa input device seprti flashdrive dan usb keyboard tergantung dari dukungan firmwarenya. Harga OTG USB kabel ini bervariasi mulai dari Rp. 10.000,- sampai dengan kisaran Rp. 60.000,- tergantung dari merek dan kualitas yang di tawarkan.
Akan tetapi bagi anda yang kesulitan menemukan kabel jenis ini anda bisa membuatnya sendiri, sangat mudah dan sederhana bahkan bisa dikatakan zero cost karena semua ramuan :p yang digunakan bisa kita ambil dari barang-barang yang mungkin sudah tidak terpakai lagi.
Ada 2 konektor utama yang akan kita gunakan dalam pembuatan OTG USB kabel standar ini. Pertama kita membutuhkan konector USB tipe A (female connector) dan konector kedua kita membutuhkan Micro USB tipe B (male connector). Untuk USB tipe A (female connector) bisa kita dapatkan dari mainboard/motherboard atau dari USB hub yang sudah rusak atau tidak terpakai lagi. Sedangkan micro USB tipe B (male connector) bisa kita pakai kabel data yang sudah tidak terpakai lagi (walaupun masih bisa dipakai yahhh anggaplah sebagai korban demi free OTG hehehe). intinya usahakan kedua konekter tersebut ada, entah bagaimana cara anda mendapatkannya yang penting 100% halal😛

langsung saja ke TKP….

1. Seperti halnya ketika anda ingin mencicipi buah duren maka begitu pula halnya dengan membuat kabel OTG USB ini anda juga dihadapkan pada proses membelah alias mengupas konektor terutama konektor Micro USB karena konekter ini biasanya memiliki isolator/ plastik pembungkus yang harus kita singkirkan untuk bisa melakukan proses mutilasi dan pencangkokan selanjutnya (biar sdikit dramatis :))

Jpeg

Penampakan konektor Micro USB setelah dibelah

2. Perhatikan gambar skematik dibawah ini:

Pada konektor micro USB kita bisa lihat ada 5 pin disana yakni :

1. Vcc +5v (Power)        —-> Kabel Warna Merah

2. Data – (negatif data)  —-> Kabel Warna Putih/Biru

3. Data + (positif data)  —-> Kabel Warna Hijau

4. Sense                       —-> None

5. GND (ground)           —-> Kabel Warna Hitam

sedangkan pada USB tipe A hanya ada 4 pin yakni:

1. Vcc +5v (Power)

2. Data – (negatif data)

3. Data + (positif data)

4. GND (ground)

Yang anda lakukan hanya menyambung konektor sesuai dengan masing-masing pin misalnya pin Vcc +5v pada konektor Micro USB disambungkan ke Pin Vcc +5v pada konektor USB type A dan begitu seterusnya. untuk lebih jelasnya perhatikan pinout pada masing-masing konektor :

a. Pinout Konektor USB tipe A

b. Pinout Konektor Micro USB tipe B

Yang berbeda pada kabel OTG USB Standar daripada kabel USB konverter biasa yakni pada kabel OTG USB Standar untuk pin sense-nya di jumper/disatukan ke kabel Ground (GND). Ingat kalau anda terlupa menjumper pin Sense dan Gnd ini maka jangan heran kalau kabel OTG USB standar anda masih belum bisa untuk mengenali flashdisk atau device/perangkat lainnya. Untuk mempermudah penyolderan anda bisa lihat sendiri kode warna yang sudah ada pada tiap-tiap pin yang digunakan.

sebagai catatan, yang perlu diperhatikan ketika kabel OTG USB Standar anda tidak terbaca kemungkinan karena Device/Perangkat Gadget anda belum mendukung OTG USB, untuk itu coba anda upgrade firmware anda terlebih dahulu.

just it….

good luck…